Friday 10 November 2017

Cara Membuat Ebook berbasis Android

Banyak modul-modul dari Bapak Ibu Guru yang sudah dibuat,,, saat ini modul tersebut bisa dijadikan aplikasi pembelajaran yang bisa diinstal di smartphone android. 

BAGAIMANA CARANYA ?

Kali ini dIGI mendapat kesempatan untuk menjadikan modul, buku atau lainnya menjadi ebook yang bisa dinikmati di smartphone android dengan menggunakan aplikasi android magazine..

Apa itu ?? aplikasi yang digunakan untuk membuat ebook.. berikut cara penggunaannya :

Siapkan file yang akan dijadikan ebook, misalnya *.pdf
Buka aplikasi Android Magazine App Maker Professional.

Setelah aplikasi terbuka, klik “Add PDF File” kemudian cari dokumen yang akan dibuat aplikasi ( Dokumen harus berformat PDF )


Konfigurasi ebook
Setelah itu klik “Config” untuk mengatur cover, blog dan contact


File pdf yang akan dijadikan ebook

untuk mengganti sampul/cover, pilih tab basic lalu “Browse” sampul yang akan dijadikan sebagai sampul ebook nanti. Untuk tab international tidak perlu diatur. Kemudian untuk mengisi author, website dan description, pilih tab author. Jika ingin  menambah blog dan kontak email, centang “Blog” dan “Contact”

Jika semua sudah terisi, selanjutnya klik “Build Magazine”. Di tahap ini, kita akan mengatur ikon aplikasi, ikon loading, ikon thumbnail dan membuat new keystore. Untuk membuat ikon aplikasi, pilih gambar dengan resolusi maksimal 92x92. Sedangkan untuk membuat ikon loading, pilih gambar dengan resolusi maksimal 32x32. Untuk ikon thumbnail saya tidak menggunakannya. Kemudian klik next.

Create magazine as android
Selanjutnya membuat new keystore. Caranya dengan pilih “Create New Keystore” kemudian klik next.

Membuat keystore
Untuk membuat keystore baru, kita klik kotak dengan titik tiga yang terletak sebelah kanan kotak location, lalu buat keystore baru dengan nama bebas. Saya membuatnya dengan nama PKL. Setelah keystore PKL disave, klik next.

Pembuatan keystore
Pada langkah ini, kita hanya mengatur nama aplikasi dan tempat menyimpan hasil aplikasi yang kita buat. Untuk mengatur nama aplikasi, isikan nama aplikasi pada kotak “Magazine Name”. Sedangkan untuk mengatur letak penyimpanan aplikasi yang kita buat, klik kotak dengan titik tiga yang terletak disebelah  kanan kotak “Destination APK File”. Setelah itu klik next dan aplikasi telah jadi. Kemudian klik finish. Aplikasi sudah siap diinstal dan dijalankan pada smartphone berbasis Android.

Langkah terakhir membuat ebook
Ebook terinstall di smartphone android