Friday 4 January 2019

Membuat "Celengan" Online, Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK Teknik Komputer & Informatika

Celengan, mungkin pernah ada yang tahu tentang celengan ?
Ya celengan, tempat untuk mengumpulkan uang koin, yang biasanya terbuat dari tanah liat dengan berbagai bentuk.


Setiap mendapat uang saku dari orangtua, dulu pasti berupa uang koin :) ada 25 rupiah, 50 rupiah ataupun seratus rupiah, upsss ketahuan neh masa-masa kapan itu :). waktu terus berjalan seiring dengan perkembangan teknologi.

Sebuah alternatif membuat celengan untuk siswa SMK Teknik Komputer & informatika, yang sedang melaksanakan pkl di tempat pkl bersama dIGImedia, mencoba bersama membuat celengan online, dari sebuah rutinitas dalam mendokumentasikan apa saja yang dilakukan selama melaksanakan pkl, praktek kerja industri.
Ya tentunya dengan terhubung dengan adsense, itulah alternatif celengan online yang bisa dibuat oleh para siswa SMK yang ingin mencoba mendapatkan apresiasi berupa penghasilan melalui adsense, meski dengan keterbatasan yang ada.

Dengan mencoba memotivasi sebagai siswa diharapkan jadi siswa berpenghasilan #siswaberpenghasilan, itu salah satu pengalaman yang dapat dijadikan bekal esok jika benar-benar terjun ke dunia kerja setelah lulus dari sekolah.

Setelah mencoba selalu rutin mendokumentasikan apa yang dilakukan di tempat pkl,  akhirnya benar-benar mendapatkan pengalaman menjadi siswa berpenghasilan #siswaberpenghasilan.




Tuesday 25 December 2018

Pengalaman Bersama di Tempat PKL Di Bulan Penghujung Tahun 2018, Menjelang Tahun 2019

Kebersamaan di Tempat PKL (Prakerind)


Tak terasa tahun 2018 kan berganti tahun 2019, banyak warna yang selalu diharap dalam gelak kompetensi bersama siswa SMK Bisa, yang sedang melaksanakan praktik kerja industri PKL atau Prakerind.


Memberikan pengalaman bersama baik kompetensi, softskill, hardskill. Pengalaman dalam bidang IT, mencari ide, merencanakan, mengimplementasikan, mendokumentasikan, mencoba, mengujicoba karya yang dihasilkan dan tentunya membuat dokumentasi secara online sebagai portofolio sebuah karya yang riil karya siswa.


Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Pengalaman bagaimana sebuah pesanan aplikasi, bisa dikerjakan, dibuat meski belum pernah sama sekali mencoba. kenapa tidak karena yakin siswa smk bisa memang benar-benar bisa untuk terus belajar dan mau mencoba hal yang baru, meski disekolah belum pernah menggunakan ataupun membuat sebuah aplikasi yang diinginkan pelanggan.

Inilah sebuah gambaran pengalaman yang harus terus ditumbuh kembangkan untuk siswa untuk terus belajar sebelum esok benar-benar terjun ke dunia kerja yang penuh dengan kompetisi persaingan kompetensi yang luar biasa ketatnya.



Pengalaman dalam membiasakan diri dalam budaya disiplin, kreatif dan inovatif dengan jiwa kewirausahaan tentunya, yang bisa dijadikan bekal nantinya untuk membuka, mencipta peluang usaha. pengalaman selalu mendokumentasikan apa yang dikerjakan, dipraktekkan dalam sebuah coret-coretan literasai online baik di blog maupun lainnya. mendokumentasikan kedalam sebuah tutorial singkat yang bisa dijadikan agenda sharing bersama buat para siswa.


Pengalaman dalam membiasakan diri sekali-sekali membuat status media sosial yang membangun, yang menampilkan karya. yang tentunya diharapkan mendapat apresiasi yang luarbiasa baik buat diri sendiri ataupun buat yang melihat, membacanya. :)

Sekiranya dengan mencoba terus dan terus belajar, membiasakan diri dalam kedisiplinan, membuat ide-ide kreatif inovatif dengan jiwa kewirausahan tentunya dapat dijadikan bekal esok dalam persaingan kompetensi dan bisa membuka peluang usaha, menciptakan lapangan pekerjaan.

Selamat liburan akhir tahun 2018

Selamat Tahun Baru 2019

Mudah-mudahan kedepan akan lebih baik dari tahun sebelumnya, dan apa yang dicita-citakan ditahun baru 2019 dapat tercapai sesuai dengan harapan, dan tak lupa selalu membuat warna yang bermanfaat buat orang lain, diri pribadi serta terus selalu meningkatkan kompetensi dalam menyongsong persaingan kompetensi ditahun mendatang.

Thursday 13 December 2018

Praktik Kerja Industri (PRAKERIND) Bersama Siswa SMK N 5 Palu


Kurang lebih 3 Bulan kebersamaan bersama siswa-siswi SMK N 5 Palu, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan melaksanakan praktik kerja industri (Prakerind). Banyak cerita, warna bersama mereka. Diawal-awal pelaksanakan begitu antusias para siswa SMKBISA dalam meningkatkan kompetensi baik cipta rasa dan karya. Menjadikan siswa dalam belajar mendapatkan sesuatu, apresiasi dari karya yang dibuat.



Penuh kebersamaan dalam mencoba berbagi sharing kompetensi dengan mereka. Perjalanan yang benar-benar luarbiasa buat mereka jauh dari orang tua, keluarga, hanya dengan harapan ingin belajar dan terus meningkatkan kompetensi. Apalagi disaat mendapat kabar Palu terjadi gempa, begitu luarbiasa pastinya perasaan bingung, panik, sedih dan sebagainya. dengan tetap semangat dan terus berdoa buat keluarga yang ada di Palu.


Kebersamaan di tempat pkl membuat sedikit tenang, support dari temen-temen semua, merekapun melakukan penggalangan dana buat keluarga Palu dengan menjual pakaian serba seikhlasnya dan memberikan stiker buat yang telah membantu di depan dIGI. Terimakasih kepada bapak/ibu/saudara/i semuanya yang telah dengan ikhlas untuk membantu. 



Tak terasa 3 bulan bersama dilalui di tempat pkl, tempat prakerin, jurusan multimedia, tkj, rpl, saatnya harus kembali ke sekolah untuk meningkatkan kompetensi baik softskill maupun hardskill, teruslah belajar, berlatih raih semua cita yang diinginkan. terimakasih kebersamaan yang begitu luar bisa selama ini.



Mudah-mudahan kebersamaan, rasa persaudaraan, dan silaturahim selalu terjalin, terimakasih atas kepercayaannya dalam bersama sharing bersama bisa dalam meningkatkan kompetensi.

Wednesday 21 November 2018

Cara Membuat Stiker WhatsApp Biar Kekinian

Aplikasi WhatsApp mempunyai banyak fitur-fitur yang membuat pengguna semakin mudah untuk menggunakan dengan bermacam-macam stiker, emotion yang menarik, apalagi sekarang pengguna bisa membuat stiker sendiri agar chatingan lebih menarik.

Stiker WhatsApp / WA


Bagaimana cara membuat stiker WA / WhatsApp ?

Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat stiker WA / WhatsApp

Editing Gambar

Siapkan 3 buah gambar berekstensi, atau format PNG

Jika menggunakan PC atau Laptop bisa menggunakan aplikasi Adobe Photosop, Jika menggunakan HP bisa menggunakan Background Eraser, aplikasi editing gambar/foto ini untuk kepentingan membuat mengedit gambar, background menjadi transparan, dan disimpan dalam format png. 

Jika sudah selesai Copy kan 3 file tadi ke HP jika editingan gambarnya dengan laptop

Personal Stickers for WhatsApp


Setelah mempunyai 3 file gambar dengan format PNG, kemudian melalui HP download aplikasi  Personal Stickers for WhatsApp di Google Play Store.

Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp
Buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp, kemudian Buat stiker,

Membuat Stiker dengan Personal Stickers for WhatsApp
Setelah selesai, stiker kreasi yang sudah dibuat siap untuk digunakan.



Selamat mencoba. :)

Thursday 15 November 2018

Program Literasi buat para siswa SMK, Alternatif Belajar Kewirausahaan

Program Literasi buat para siswa SMK


Membiasakan untuk selalu mendokumentasikan apa yang sudah, sedang dikerjakan itu sesuatu yang sulit untuk dilakukan, tetapi inilah yang semestinya selalu diusahakan dan diterapkan buat siswa. Dimana para siswa diharapkan setiap apa yang dilakukan dapat selalu didokumentasikan sebagai bukti protofolio apa yang pernah dilakukan. Dan tentunya juga dapat bermanfaat buat orang lain bagi yang melihat dokumentasi yang dibuatnya.

Mendokumentasikan apa yang sedang dipelajari

Tidak hanya itu dengan mencoba terus selalu membiasakan diri untuk mendokumentasikan secara online tentunya, bisa melalui blog-blog ataupun dengan dokumentasi video lainnya yang diunggah di youtube, itu juga bisa jadi alternatif latihan kewirausahaan buat siswa, dimana hasil dari dokumentasi tersebut bisa menghasilkan pendapatan yang tentunya bisa dijadikan motivasi buat para siswa SMK.



Cukup dengan terus mendokumentasikan apa yang sedang dipelajari disekolah, bisa jadi sesuatu yang bermanfaat. susah memang kelihatannya, tapi sangat mudah jika kebiasaan itu terus dilakukan. dan itu jadi sesuatu alternatif karya ilmiah yang luar biasa buat para siswa.

Mendapat pendapatan dari apa yang didokumentasikan

Program literasi jadi sebuah harapan baru buat bersama BISA dalam terus belajar, dan membiasakan diri dengan budaya membaca, mempelajari, mempraktekkan, mendokumentasikan dan kemudian tak kalah penting adalah dengan mensharingkan apa yang sudah dipelajarinya, dengan harapan dapat bermanfaat.

Penerapan Jiwa Kewirausahaan Untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Komputer & Informatika

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Memberikan pengalaman, pembelajaran buat para siswa SMK jurusan Multimedia, TKJ, RPL, yang sedang melaksanakan praktik kerja industri, dimana para siswa SMK diberikan kesempatan secara penuh dalam mencari ide kreatif yang akan dijadikan sebuah produk kreatif dan tentunya bermanfaat buat orang lain terutama minimal buat para siswa tersebut.




Salah satunya para siswa yang sedang melaksanakan praktik kerja industri (PKL) diajak secara terus menerus belajar dan berlatih baik  kompetensi softskill maupun kompetensi hardskill.



Salah satunya dengan mencoba memberikan pengalaman dalam hal membaca, mempraktekkan, mendokumentasikan dan mensharingkan ke semua, dengan harapan dapat bermanfaat. dan memberikan pengalaman dalam hal pengalaman ber google adsense.


Sebuah apresiasi dan tentunya juga motivasi jika apa yang dipraktekkan dan didokumentasikan dapat bermanfaat dan tentunya mempunyai value lebih buat para siswa SMK yang melaksanakan praktik kerja industri (PKL) di dIGImedia,



Tentunya sebuah proses harus dijalani harus dilalui dengan penuh semangat disiplin, kemandirian, rasa ingin tahu dan tak segan-segan dan tak malas-malasan dalam mencoba dan terus belajar. jangan lihat hasilnya dulu tetapi yuks mari lalui proses itu semua dengan terus semangat karena yakinlah siswa SMK BISA.


Dengan semangat dan yakin bahwa memang BISA, diharapkan ini jadi sebuat alternatif buat jiwa kewirausahaan para siswa SMK BISA, cukup dengan rajin membaca,mempraktekkan, mendokumentasikan dan mensharingkan ke semua, dan tentunya dengan google adsense.

Monday 13 August 2018

Modeling 3D "Nguri uri Transportasi Roda 3 (BECAK) Menggunakan Aplikasi Blender

3D Modeling

Memberi kesempatan untuk menumbuhkan kemauan dan kemampuan tentunya dalam kompetensi sesuai dengan minat bakat para siswa SMK BISA. Tentunya ini semua hal yang penting dalam memberikan pengalaman buat para siswa SMK BISA yang sedang melaksanakan PKL Prakerin di dIGImedia, untuk meningkatkan kemauan yang lebih, jika sudah ada benih kemauan yang luar biasa tentunya juga akan lebih luar biasa dalam meningkatkan dan mengasah kompetensi.


Salah satunya memberikan kesempatan untuk membuat 3D modeling transportasi roda 3 yaitu Becak. Siswa SMK BISA yang sedang melaksanakan PKL Prakerin di dIGImedia, diajak dalam kegiatan meningkatkan kompetensi dalam 3 Dimensi, dan mengitkuti kegiatan Gelar Karya Kursus & Pelatihan 2018 Kemdikbud RI dalam Menguatkan Kursus dan Pelatihan dalam menyiapkan SDM kompeten berkarakter dan berdaya saing.



Siswa SMK BISA yang sedang melaksanakan PKL Prakerin jurusan Multimedia di dIGImedia, yang bekerjasam dengan alfabank jogjakarta, mengikutkan siswa untuk ikut mengikuti 3D Modeling transportasi roda 3 (Becak)


Dengan semangat mencoba, terus latihan dan menumbuhkan rasa kemauan untuk mengasah kemampuan dalam 3D Modeling tentunya membutuhkan semangat proses yang luar biasa, dan itu semua dilalui siswa SMK BISA yang yang sedang melaksanakan PKL Prakerin jurusan Multimedia di dIGImedia.



Dengan harapan tentunya untuk selalu bisa bersama siswa SMK BISA yang luar biasa, yang mempunyai karakter, semangat, berdisiplin dan tak kalah pentingnya juga kreatif dan inovatif dalam selalu berusaha meningkatkan softskill serta kompetensi siswa SMK BISA.

Terimakasih buat semua siswa SMK BISA yang sedang yang sedang melaksanakan PKL Prakerin di dIGImedia. Terimakasih Alfabank yogyakarta, mudah-mudahan kerjasama dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK BISA selalu terjalin dan selalu berkembang.

Siswa SMK BISA dari Mas Bagas dari SMK N 2 Wonosari dan Mas Iman dari SMK N Kawunganten, Bersama Pak Agus Susanto Pimpinan Alfabank Jogjakarta, dalam mengikuti ajang 3D Modeling Transportasi Roda 3 (Becak) di JEC Jogjakarta.

Wednesday 1 August 2018

LOMBA KOMPETENSI SISWA ( LKS ) WEB DESAIN - WDC BERSAMA SISWA SMK BISA

Meningkatkan kompetensi bersama siswa SMK BISA, dalam memberikan kesempatan kepada para siswa SMK untuk berkompetesi secara positif dalam pengetahuan, ketrampilan sesuai dengan bidang keahlian dan tentunya dengan minat bakat para siswa. Dapat berkesempatan belajar bersama dalam mempersiapkan LKS bidang Web Desain.


Butuh semangat, motivasi untuk meningkatkan kompetensi tersebut, tidak instan, tidak bimsalabim, semua butuh proses, dapat melalui proses itu dengan penuh dengan BISA pastinya memang BISA yang diharapkan, butuh ketekunan, tidah mudah menyerah dan lebih meningkatkan rasa ingin tahu dan terus belajar, berlatih, menyelesaikan sebuah studi kasus dan sebagainya.

LKS Web Desain - WDC

Gambaran buat siswa SMK BISA dalam meningkatkan kompetensi dalam bidang membuat sebuah website, yang menarik, interaktif, informatif, efektif dan efisien dalam Lomba Kompetensi Siswa LKS Web Desain.

Desain Website

Mencoba latihan dari awal, latihan desain satu demi satu sampai menghasilkan desain yang dirasa dimata nyaman, enak dilihat, baik yang desain maupun orang lain, khususon juri :).
Desain website misal dengan Adobe Photosop, Adobe Dreamweaver, Illustrator (CC Edition 2015 atau CS6)

Saat mendesain diharapkan dapat menentukan ide yang sesuai dengan target pasar maupun pesanan/orderan, :) kemudian siswa dapat membuat, menganalisa serta mengembangkan grafis yang menarik informatif serta sesuai dengan prinsip-prinsip suatu desain, dan yang tidak kalah pentingnya membuat desain yang responsive dimana untuk beberapa resolusi layar user, misalnya desain website dengan resolusi 1440x900px, desain website dengan resolusi 768x1024px, desain website dengan resolusi 320x480px.



Layout Design dan Client Side Implementation

Setelah desain dirasa cukup dan selesai, langkah selanjutnya siswa diharapkan membuat halaman website dengan HTML5, CSS,  CSS3, JQuery atau Vue dari hasil desain yang sudah dibuat dengan memperhatikan tingkat responsive tiap layar yang dimiliki user.


Client Side Programming

Langkah selanjutnya siswa diharapkan mengembangkan halaman website dengan mengintegrasikan template yang sudah dibuat dengan animasi menggunakan javascript, misalnya dengan menambahakan sebuah game interaktif yang menggunakan JavaSript berupa JSON.



Server Side Programming

Langkah selanjutnya setelah siswa mendesain, dan membuat halaman website dengan HTLM5, CSS3, JQuery atau Vue yaitu mengembangkan halaman website misalnya dengan menggunakan PHP Native atau memanfaatkan open source framework (Laravel/ Codeigniter) dan MySQL.


Software Untuk Membuat Website

Alternatif Software Aplikasi yang munkin bisa untuk belajar berlatih dalam membuat website : 
Adobe Dreamweaver, Photoshop, Illustrator (CC Edition 2015 atau CS6)
XAMPP 5.6.11
PHPStorm 2016.2.1 – trial edition

Dan masih banyak lagi, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ingin menggunakan yang mana. Selamat mencoba, belajar, berlatih terus dalam meningkatkan kompetensi bersama siswa SMK BISA.

Wednesday 25 July 2018

PRODUK KREATIF INOVATIF SISWA SMK UNTUK WARUNG KELONTONG, ANGKRINGAN DENGAN LAPAK DIGITAL

Produk Kreatif Siswa SMK

Meningkatkan kompetensi bersama siswa smk sesuai dengan minat dan bakat, tentunya membutuhkan kerja keras dan selalu berusaha memberikan motivasi serta memberikan gambaran tentang tantangan persaingan kompetensi ke depan.

Perkembangan warung dipinggir jalan dengan lapak-lapak kecil, ruko kecil, angkringan maupun warung kecil diteras rumah disekat kemudian dimanfaatkan menjadi usaha untuk membuka warung kelontong.

Pembeli : Misi bu,,, ada mie?
Penjual : iya mbak,, mie? ada...
Pembeli : berapa bu mie ini?
Penjual : Ehm.. bentar.. (penjual melihat daftar, mengingat-ingat,, harga) sekian... jawaban penjual)
Pembeli : Kalau minyak goreng ini berapa bu? (sambil melihatkan minyak goreng, dan menyebutkan merknya)
Penjual : Ehm..  (penjual melihat daftar, mengingat-ingat,, harga) sekian... jawaban penjual)

Itu percakapan sedikit dengan pembeli dengan penjual diwarung kelontong, ada lagi percakapan pembeli dan penjual di angkringan, dimana penjual terkadang lupa akan harga, dan mungkin teradang dengan sekenanya menyebut harganya, jadi terkadang disaat pembeli membeli dengan makanan yang sama dengan jumlah yang sama terkadang jumlah yang harus dibayarkan berbeda. (curhatan yang sering terjadi) kok tadi habis segini, sekarang dengan jumlah dan makanan sama beda ya total harganya? :)

Dari percakapan dan pengalaman inilah muncul ide untuk membuat aplikasi untuk warung-warung kelontong, angkringan atau lapak, untuk meningkatkan layanannya, memaksimalkan layanan menggunakan aplikasi digital. dengan nama Lapak Digital.


Belajar bersama dalam meningkatkan kompetensi siswa smk, untuk membuat aplikasi Lapak Digital, yang mudah-mudahan bermanfaat buat memaksimalkan pelayanan, potensi, bisnis warung-warung kecil, warung kelontong, angkringan dan lainnya. dengan memanfaatkan aplikasi ini cukup menggunakan smartphone / hp, barcode scanner warung-warung kelontong, angkringan serasa deperti minimarket dan lainnya.

Pemilik warung, angkringan dan lainnya, cukup dengan menggunakan HP Android atao lainnya, Barcode Scanner, dan membuat daftar barcode yang kemudian ditempel di dinding atau apalah yang mudah terjangkau.




Tanpa harus menempel barkode di tiap barang, cukup buat daftar menu barcode saja, sehingga penjual/pembeli tinggal scan barcode yang sudah ada.



Tempat PKL Jurusan Multimedia | Tempat PKL Jurusan TKJ| Tempat PKL Jurusan RPL | Tempat PKL Jurusan Animasi 

Inilah salah satu wujud dalam meningkatkan kompetensi buat siswa siswi smk yang sedang melaksanakan pkl, prakerin, magang ditempat pkl, ditempat prakerin, ditempat magang dalam memberikan pengalaman, gambaran dunia kerja yang membutuhkan kompetensi dan persaingan kompetensi kedepan. Mudah-mudahan kompetensi para siswa smk dapat meningkat dan tentunya mendapat sesuatu yang berbeda baik kompetensi maupun soft skill.

Monday 16 July 2018

Bersama Meningkatkan Kompetensi Multimedia, RPL Serta Teknik Komputer & Jaringan

Kesempatan luar biasa dapat bersama BISA dengan para siswa yang sedang melaksanakan magang, pkl atau praktek kerja industri bersama dIGImediajogja, bersama meningkatkan kompetensi sesuai dengan minat dan bakat bersama dalam mengerjakan pekerjaan, dan bersama dalam kekeluargaan. Dalam rangka ikut bersama dalam memberikan gambaran, pengenalan, pengalaman buat para siswa smkbisa smkhebat jurusan multimedia, rekayasa perangkat lunak maupun teknik komputer dan jaringan dalam dunia industri terutama bidang teknologi informasi.

Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android

Sesuatu yang dirasa berat tetapi semua itu demi memberikan sedikit bekal pengalaman dalam mengikuti proses baik dari awal pengerjakan pekerjaan sampai selesai sesuai dengan target yag diharapkan, siapa itu ya pelanggan dIGImediajogja, yang mempercayakan berbagai pengerjaan suatu aplikasi, desain, web maupun lainnya yang erat kaitannya dengan teknologi informasi dan komputer, apapun itu mencoba untuk mengerjakannya, agar yang diharapkan para siswa yang sedang melaksanakan pkl, magang ataupun prakerind di tempat pkl jurusan multimedia, tempat pkl jurusan rpl, maupun tempat pkl jurusan tkj, mendapatkan pengalaman lebih baik kompetensi maupun softskill yang tentunya sesuai dengan minat dan bakat.


Bersama BISA dalam Pengerjaan Projek

Saling sharing saling membantu setiap pengerjaan pekerjaan, semua bersinergi bersama dalam menyelesaikan pesanan produk baik multimedia, aplikasi, desain, video maupun lainnya, dengan harapan pemesan, pelanggan merasa puas dengan hasil pekerjaan yang memuaskan dan tentunya sesuai dengan harapan.
Seiring dengan perkembangan teknologi disinilah para siswa yang sedang melaksanakan pkl, magang ataupun prakerind di tempat pkl jurusan multimedia, tempat pkl jurusan rpl, maupun tempat pkl jurusan tkj, mendapatkan pengalaman lebih baik kompetensi maupun softskill yang tentunya sesuai dengan minat dan bakat.


Mencoba Publish Eksport Hasil Proses Pembuatan Aplikasi