Monday 3 August 2020

4 cara meningkatkan kompetensi mandiri dimasa new normal

Meningkatkan Kompetensi

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam meningkatkan kompetensi mandiri dimasa new normal, mungkin ini bisa jadi alternatif dalam meningkatkan kompetensi mandiri :

1. Belajar jadi Blogger


sebuah alternatif di masa new normal saat ini, hampir semua aktifitas yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah dilakukan secara online/daring. ini menjadi sebuah moment untuk belajar/menerapkan budaya literasi yang kemudian dijadikan sebuah artikel blog. menarik tentunya jika semua aktifitas para siswa dalam pembelajaran dapat didokumentasikan.

2. Belajar jadi Youtuber


tidak heran tentunya, saat ini banyak kanal youtube sedang disenangi, salah satunya buat pengajar, untuk lebih menekankan dalam menjelaskan pembelajaran, maka dibuatkan video pembelajaran, agar juga jadi sebuah dokumentasi dan dapat diakses oleh banyak orang, maka diunggah ke kanal youtube, itu jadi momen yang tepat juga untuk belajar youtube.

3. Belajar video editing


dengan mendokumentasikan setiap kegiatan pembelajaran, tentunya akan lebih menarik jika ada dokumentasi sebuah video, tidak usah bagus-bagus tetapi dengan sedikit dokumentasi berupa video kita dapat belajar pula untuk belajar editing video, memotong/trim video, menambah subtitle video, menambah efek-efek dalam video, jadi menambah kompetensi yang bermanfaat.

4. Belajar animasi


iya membuat animasi, salahsatunya dengan powerpoint, paling tidak bisa menambah dokumentasi akan lebih menarik, cukup dengan powerpoint kita juga belajar animasi untuk meningkatkan kompetensi, dengan powerpoint juga kita dapat membuah video pembelajaran yang menarik, sehingga aktifitas pembelajaran yang dilakukan secara online/daring lebih menarik.

emapt hal tersebut bisa dicoba di masa new  normal dalam kita bersama meningkatkan kompetensi, dan selalu berkarya.

No comments:

Post a Comment